By | July 16, 2020

” Kau dan aku hanya perlu saling belajar menghargai pola pikir kita.” ” Bersaing dengan sahabat itu wajar, tetapi harus tetap saling menghormati, menghargai, dan mendukung, bukan saling menjatuhkan.” ” Menghargai adalah di saat kita bisa menghormati pendapat orang lain meskipun tidak setuju dengan pendapat mereka.” Video agamaku dulu Kristen Protestan, kini aku mualaf viral di media sosial. “Gk menghormati orang yang sedang puasa yg😅😅,” tambah akun @iydhgxkhkrzrlj. Ajak anak untuk mencari solusi atau jalan tengah dari keinginan/perasaan dan hak orang lain.

Bila itu terjadi, maka tidak akan terjadi kasus intoleransi yang dilakukan anak. Tentunya untuk mengajari si Kecil supaya menghormati orang tua tidak bisa dengan cara instan, Bu. Diperlukan ketekunan dari Ibu untuk terus menerapkan tips-tips di atas. Nantinya, seiring pertambahan usianya si Kecil pun akan semakin memahami apa dan manfaat dari yang Ibu coba lakukan tersebut.

Menghargai orang

Belajar berempati dengan orang lain yang memiliki sudut pandang atau pengalaman yang berbeda dari kamu, sehingga akan membantu kamu belajar menghargai orang lain. Kamu boleh bangga dengan sudut pandang sendiri, tetapi jangan menganggap sudut pandang orang lain itu salah. Menunjukkan rasa hormat, hal ini tidak hanya perlu dilakukan seorang anak yang harus menghormati orang tua, orangtua juga perlu menghormati hak anak. Untuk mewujudukan rasa saling menghormati dalam keluarga, orang tua tentu harus menghormati hak anaknya dengan cara tidak memaksakan kehendak serta memberikan dukungan selama hal tersebut positif. Manusia itu berbeda beda, baik tingkah laku, gaya bahasa, pakaian yang dikenakan, maupun tradisi yang mereka percayai. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Cara menghargai orang lain dapat dilakukan dengan menjadi pendengar yang baik, peka terhadap sinyal non-verbal hingga, menahan komentar tidak perlu. Anak-anak dengan minim pengetahuan bisa memposting apapun yang mereka suka, jika tanpa kesadaran mungkin akan berpengaruh saat mereka dewasa nantinya. Sekarang metode yang dilakukan seseorang untuk merekrut pegawai atau mengajukan beasiswa dari background verify media sosialnya. Ajari menghargai, ajarkan anak untuk jangan malu memuji, menghibur, dan menghargai orang lain.

Sikap saling menghagai harus dilakukan sama siapa saja, orang tua, adik kakak, keluarga, sahabat, teman, pacar dan pasangan, hingga orang yang sama sekali tidak dikenal pun harus kita hargai. Saat berinteraksi, perlu menjunjung tinggi sikap saling menghargai. Saling menghargai orang lain menjadikan kehidupan bermasyarakat minim konflik atau perpecahan. Penting untuk selalu menghormati privasi dan hak orang lain, meskipun mungkin kita tidak setuju dengan pilihan tersebut. Karena itu orang tua harus cermat Batasan apa saja yang bisa diposting,” jelas Andhika.

Jadi seorang harus membiasakan diri menghargai orang lain dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Manusia harus membuang segala kebiasaan atau karakter yang tidak baik terutama dendam dari hidup, agar manusia merdeka dan menjadi manusia yang baik dan mulia. Menghargai orang lain adalah menerima keberadaan seseorang dengan beragam perbedaan yang ada. Sebab, dalam kehidupan ini ada banyak hal yang bisa kalian temui memiliki beragam perbedaan baik sikap, sifat, hobi, agama, ras, daerah, Bahasa, dan seterusnya.