By | July 25, 2020

Setelah merasa siap dan perencanaan matang, maka itulah waktunya calon pengusaha buka usaha. Dengan perjalanan usaha dari bawah, kepuasan pengusaha pastilah lebih. Sebab, dia memulainya dari menanam gagasan, mengelola, hingga mengembangkannya menjadi bisnis yang besar dan kokoh.

Riset dan pemikiran yang Anda lakukan saat Anda mengerjakan rencana bisnis akan membantu Anda menyempurnakan ide bisnis dan merencanakan bagaimana akan berhasil meluncurkan bisnis. Mendirikan usaha kuliner yang bisa bertahan lama tentu harus punya pondasi kuat. Salah satunya melakukan promosi dengan cara yang benar di sosial media. Maka dari itu, perlu untuk menerapkan konsep jualan yang menarik. Misalnya saja melakukan promosi lewat konten unik di media sosial. Tentu ketika ingin memulai usaha makanan perlu adanya rincian modal usaha.

Cukup gunakan smartphone dan media sosial Anda untuk berjualan. Biasanya biaya yang paling besar dalam membuka bisnis atau usaha ini adalah lokasi. Karena sewa atau membeli tempat untuk usaha di zaman sekarang cukup besar. Tingginya minat masyarakat berbelanja online dapat menjadi peluang untuk berbisnis.

Jika sudah demikian, keuntungan tidak bisa di raup, modal pun habis. Anda bisa mendapatkannya dari tabungan, menjual aset pribadi, dana dari investor, pinjaman bank. Namun akan lebih baik jika Anda menggunakan modal sendiri terlebih dahulu. Rp 16 juta untuk modal utama, sisanya Anda simpan sebagai dana cadangan. Hal ini untuk mengantisipasi jika usaha Anda mengalami kegagalan.

Tips untuk membuka usaha

Tapi bisnis ini memiliki tantangan, karena bisnis ini menyangkut anak-anak. Sehingga kita bukan hanya dituntut membuka makanan yang enak namun juga sehat dan bergizi. Biasanya bahan untuk membuat bubur bayi bukan hanya sayuran namun juga buah-buahan. Agar bisnis pemula berjalan lancar, sebaiknya Anda fokus saja terlebih dahulu dengan satu bisnis. Jangan memiliki banyak bisnis, namun Anda tidak bisa mengelolanya dengan baik, tentu hal tersebut akan berhasil sia-sia.

Salah satu hal yang menarik dari usaha dropshipper adalah kita tidak perlu menyediakan stok barang untuk dapat memulai usaha sendiri. Sehingga, kita bisa menghemat biaya dan tidak perlu menyediakan modal untuk membeli barang di awal. Meskipun kamu menjalani bisnis dalam skala kecil, tidak ada salahnya kamu memiliki tujuan jangka pendek, tujuan jangka panjang, serta strategi yang diperlukan. Perencanaan yang baik tentu akan memudahkan kamu dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis kamu.

Misalnya jika kamu berjualan produk hijab, kamu bisa menjual hijab yang tidak gerah ketika dipakai. Pastikan kamu juga menjual produk yang tidak memiliki kesamaan dengan penjual lain, sehingga bisa memudahkan kamu untuk berkompetisi. Dengan melakukan pencatatan rinci, Anda jadi punya gambaran uang modal yang dibutuhkan sehingga bisa mengatur strategi untuk mendapatkannya.