By | July 9, 2020

Dengan memilih konsep yang tepat, Anda bisa menyusul kafe-kafe besar yang kini sudah punya nama. Itulah beberapa ideas yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis kedai kopi. Setelah bisnis Anda berhasil dijalankan dengan baik, Anda juga harus mulai memikirkan untuk mengatur karyawan. Usaha yang baik selalu dimulai dari sumber daya manusia yang baik agar ketika membuat keputusan untuk mengembangkan bisnis juga menjadi lebih mudah. Untuk mengatur karyawan dengan mudah dan instan, Anda dapat menggunakan aplikasi absensi, jadwal kerja dan software program payroll Atenda. Dengan mendaftarkan perusahaan ke Atenda, Anda juga dapat memonitor karyawan Anda di mana pun dan kapan pun.

Membuka coffe shop

Minum kopi kini sudah menjadi salah satu gaya hidup kaum muda Indonesia. Kedai kopi pun menjamur, membuatnya menjadi salah satu jenis usaha yang menarik perhatian kalangan milenial. Setelah memahami eleven poin paling penting yang harus dipahami sebelum membuka bisnis kopi di atas, saatnya untuk bergerak.

Mungkin tiap barista yang sedang bekerja, pasti mempunyai keinginan untuk membangun kedai kopi yang mereka impikan. Mereka yang menjadi bosnya, mereka juga yang menjadi head baristanya. Seiring dengan meningkatnya kepopuleran coffee store di masyarakat, ini adalah saat yang tepat untuk memulai bisnis espresso store. Tidak perlu ragu memulainya, jalani business plan Anda dengan baik dan bekerjakeraslah membangun loyal base. Dengan cara tersebut, coffee shop Anda bisa bersinar di antara yang lain.

Pelatihan barista sendiri memakan biaya yang cukup besar, yakni jutaan. Ada banyak sekali jenis alat kopi yang biasa ada di kafe-kafe, tapi kamu tidak harus membeli semuanya dalam satu waktu. Bandingkan kualitas bahannya serta harga yang dipatok jika kamu membeli dalam jumlah besar. Dengan kenikmatan dan aromanya yang khas, dunia internasioal menganugrahi Fair Trade Certified™ sebagai bentuk apresiasi untuk kopi arabika gayo sebagai kopi terbaik di dunia. Untuk biji kopi, kamu tidak perlu jauh-jauh membeli biji kopi khas luar negeri.

Sehingga diperlukan strategi pemasaran/marketing dan promosi yang kreatif dan menarik maupun workshop tentang kopi. Siapkanlah minimal 1 coffee table untuk mereka yang ingin menikmati kopi di warung kamu. Kalau tak ada ruang untuk meja dan kursi, kamu bisa memodifikasi gerobak dengan konsep minibar.

Masuk ke gerai, biji kopi yang telah disangrai akan diolah oleh para barista terlatih yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Dengan begitu, barulah Fore Coffee mampu memuaskan setiap pelanggannya dengan minuman kopi yang berkualitas dan melebihi ekspektasi. Oleh karena itu, sejak dari pemilihan biji kopi, Fore Coffee telah menjamin bahwa kualitas produk yang diterima oleh konsumen memiliki kualitas yang tinggi. Lanjut ke produk seduhan kopi yang dihasilkan, Fore Coffee hanya menggunakan biji kopi pilihan dan berkualitas yang tersebar di Indonesia.

Selain berguna sebagai wadah, Jug juga memiliki fungsi utama sebagai alat takar. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengatur besaran/takaran tiap-tiap komposisi kopi maupun susu untuk minuman yang Anda buat. Apabila Anda menyajikan latte atau kopi susu, maka mungkin peralatan ini dapat membantu Anda.

Jadi sangat disarankan untuk membuat eksterior yang bisa memancing keingintahuan orang terhadap kafe kamu. Keahlian akuntan yang hadir di kafe kamu akan membantu banyak hal. Pembukuan dan laporan akan memudahkan kamu mengontrol segala hal yang melibatkan finansial. Dengan hadirnya akuntan, kamu tak perlu repot lagi memikirkan urusan finansial yang tentunya tak bisa dianggap enteng karena merupakan hal inti yang memengaruhi berhasilnya gerai kopi yang kelak akan kamu dirikan. Jika kamu menekan price range untuk menyewa jasa seorang akuntan, kamu bisa belajar menjadi akuntan. Jadilah akuntan untuk kafe kamu sendiri tapi sebelumnya harus benar-benar belajar dari mereka yang sudah ahli.

Ingat waktu adalah uang, dan sewa tempat itu di hitung bulanan dan tahunan sewannya. Berbeda dengan bisnis lainnya, bisnis espresso shop memungkinkan Anda untuk mendapat keuntungan atau omzet per hari. Di mana, omzet ini akan meningkat ketika hari libur seperti weekend dan hari libur sekolah atau nasional. Bukan hanya itu, kebiasaan meminum kopi di pagi hari juga memungkinkan Anda untuk meraih omzet harian yang lebih besar dibanding bisnis lainnya. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa merekrut akuntan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.