By | July 9, 2020

Siapkan modal sesuai dengan konsep coffee shop yang akan dijalankan. Jika tidak memiliki banyak modal, pertimbangkan untuk membuka bisnis ini bersama teman atau mencari associate. Oleh karena itu sebelum memulai bisnis ini, kamu juga harus memikirkan konsep apa yang akan dibawa oleh espresso store kamu. Jika konsep telah terbentuk, tentunya akan memudahkan kamu untuk membuat inside dan juga menilik goal pasar. Konsep yang terbentuk dengan matang akan membantu bagaimana inside terbangun kelak. Karena sebuah espresso store tentulah mengunggulkan kenyamanan maka interior yang menarik dan nyaman juga diperlukan.

Anda tak akan menyesal jika sudah mengetahui kualitas kopi yang dihasilkan. Jika dalam konsep menu kopi ada menggunakan sajian kopi dengan susu, haruslah membutuhkan kulkas untuk penyimpanan susu agar tetap segar ketika akan digunakan. Setidaknya, bagaimana pun konsep menu kopi, harus menyediakan minimal 1 jenis alat handbook brew, paling umum tiap kedai kopi punya manual brew seperti V60, Syphone dan French Press ketika memulai kedai kopi mereka.

Sebelum memulai usaha kedai kopi, harus ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari peralatan, lokasi, dan perekrutan karyawan perlu dipikirkan matang-matang untuk memuluskan bisnis. Usaha kedai kopi bukanlah usaha musiman yang bisa redup sewaktu-waktu, tapi bisnis ini gak ada matinya, justru terus tumbuh setiap tahunnya. Inilah yang membuat warung kopi bisa menjanjikan keuntungan setiap harinya. Ditemui usai menjadi pembicara di Seminar Iconic Coffee di SIAL Interfood 2019 ia menyatakan jika membuka usaha espresso store tidak harus bermodal besar namun berdasarkan niat.

Maksud dari worth adalah kita menyediakan pelayanan terbaik, mulai dari branding yang menarik hingga desain gerai yang autentik. Berkaca dari pemaparan sebelumnya, sudah sewajarnya banyak orang yang merasa bahwa membuka bisnis Coffee Shop dapat menjadi salah satu pilihan peluang bisnis yang menjanjikan serta dapat berkelanjutan. Berikut akan dipaparkan aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan ketika memutuskan memulai bisnis Coffee Shop. Lebih lanjut Wika mengatakan membuka espresso store lantaran usaha tersebut dinilai cukup easy dibandingkan yang lain. Ditambah lagi, ia bekerjasama dengan teman yang sudah sering melakukan usaha yang sama.

Membuka coffe shop

Dengan menghadirkan sejumlah pemilik coffee store di Samarinda, KPFM menggelar talkshow bertajuk “Perkopian Duniawi”, belum lama ini. Setelah kamu sudah membuat blue print tentang sebuah konsep coffee shop yang sukses maka tahap selanjutnya membidik untuk siapa coffee store yang kamu buat. Jika barista sudah punya sekarang baru cari lokasi terbaik untuk kedai kopimu. setidaknya kamu sudah menghemat waktu jika mencari lokasi pada step ini. Kebanyakan pemilik espresso store yang sukses itu malah tidak tau cara menyeduh kopi, hanya saja mereka punya semangat dan tau supplier utama.

Masyarakat kota dapat dikatakan cenderung lebih konsumtif ketimbang masyarakat desa. Hal ini bukan tanpa sebab ya, masyarakat kota cenderung sudah lelah dengan kesibukan bekerja sehingga membuat mereka terlalu lelah untuk melakukan aktifitas lain. Setelah mendapatkan TDUP, pemohon harus mengurus Sertifikat Laik Sehat . Hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan dalam pembukaan cafe adalah tempat. Tempat yang strategis tidak harus berada di tengah kota dengan harga sewa tempat yang mahal. Anda bisa menyesuaikannya saja dengan pasar yang nantinya akan anda bidik.

Lengkapi pula peralatan menyimpan air minum anda dengan membeli termos dan teko. Bahan-bahan makanan café harus selalu dalam kondisi segar agar saat dimasak dapat mengeluarkan cita rasa dan aroma terbaiknya. Oleh karena itu anda memerlukan peralatan untuk menyimpan makanan seperti kulkas, freezer, dan showcase cooler.