By | July 20, 2020

Bila Anda ingin merasakan perbuatan positif dalam hidup, bersikaplah dengan sopan dan baik dalam hidup pada siapapun. Ingat bahwa perilaku baik akan mencerminkan kepribadian yang baik pula. Selalu ingat bahwa tiap tantangan dan masalah yang Anda hadapi akan membuat Anda semakin kuat dan berpengalaman. Setiap kegagalan dan masalah yang telah dialami merupakan guru yang paling baik dalam menuju kehidupan yang lebih baik. Terima semua masalah yang muncul dalam kehidupan Anda, jangan mengeluh, dan selalu lihat dari sisi terbaik dari apapun yang dihadapi. Semakin banyak masalah dan tantangan yang dihadapi semakin banyak pengetahuan dan kemampuan yang akan didapat untuk pengembangan diri menuju kesuksesan.

Hidup dalam perbedaan bukanlah sebagai halangan untuk berkreasi bersama. Justru dengan keberagaman inilah kita bisa belajar untuk saling menghargai dan saling menghormati. Sikap rajin belajar ini akan menjauhkan pelajar dari berbagai kegoiatan negatif yang dapat menimbulkan maslah dalam massyarakat maupun keluarga. Sebagai generasi penerus, pelajar dituntut untuk bekerja keras dan belajar dengan giat demi meningkatkan kualitas dirinya. Generasi penerus bangsa diperlukan untuk memajukan bangsa itu sendiri. Hal ini karena organisasi masyarakat biasanya memperjuangkan hal-hal untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama.

Dalam pandangan Kartini, apabila kaum wanita berpendidikan, ia akan lebih cakap dalam mendidik putra-putrinya dan mengurus rumah tangganya. Menurut Kartini, wanita harus berjuang untuk mendapatkan martabat yang sejajar dengan kaum pria. Wanita harus dididik dan dicerdaskan agar hati dan pikirannya terbuka, karena Tuhan menjadikan perempuan dan laki-laki sebagai makhluk yang memiliki derajat dan martabat yang sama.

Cut Meutia mengambil posisi paling depan, pertarungan yang tidak seimbang dari segi jumlah dan persenjataan akhirnya membuat Cut Meutia terbunuh,setelah tiga tembakan peluru menerjangnya. Cut Nyak Dien merupakan tokoh yang memegang peranan penting bagi Masyarakat Aceh baik di bidang politik maupun bidang lainnya. Pada tahun 1925 ketika berada di Cina, Tan Malaka menulis buku kecil berjudul Naar de “Republick Indonesia” yang dicetak di Kanton.

Menjadi seorang pejuang dalam kehidupan

Pengamatan tersebut berawal dari maraknya pernikahan-pernikahan dini yang terjadi di desa tersebut pada waktu itu. Ada beberapa faktor yang dapat menghambat atau mematahkan semangat, motivasi belajar dan cita-cita mereka, selain faktor ekonomi dan mindset para orang tua akan pola hidup lama yang tak perlu berubah atau berpatokan pada pengalaman hidup mereka. Banyak harapan untuk generasi muda terkait dengan hari pahlawan ini, antara lain, para pemuda harus memiliki kesadaran untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan bangsanya. Mempelajari, memahami, sekaligus memberikan makna atas sepak terjang dan perjuangan para pahlawan bangsanya sebagai sebuah “inspiring leadership”, mengaktualisasikan semangat perjuangan dan motivasi para pahlawan dalam kegiatan mereka sehari-hari. Harus berusaha menjadi pahlawan-pahlawan di zamannya sesuai dengan bidangnya masing-masing, selalu berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negaranya sehingga mampu menempatkan Indonesia sebagai negara besar dan berpengaruh di kancah dunia.

Setelah dewasa dia juga tampil sebagai salah satu panglima perang melawan penjajah. Semangatnya untuk bangkit selain untuk membela rakyat, juga dipicu kematian kakaknya saat membela Pangeran Mangkubumi melawan Paku Buwana I yang dibantu Belanda. Profesi saya mengatakan bahwa saya tidak bisa jugdemental, menghakimi seseorang dari penampilan fisik atau pemikirannya. Saya pernah bertemu dengan orang yang mengatakan bahwa Pancasila tidak relevan, dan mengatakan pengaruh ideologi barat semakin laten.

Dokter Sutomo merupakan tokoh yang membangkitkan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan Indonesia dari tangan penjajah. Ia juga merupakan pendiri organisasi Budi Utomo yang menandai lahirnya kebangkitan nasional di Indonesia. Era digital membuat seseorang mau tak hidup dalam dunia yang trendy. Apalagi dengan koneksi internet yang tanpa batas, budaya dari luar pun bisa masuk dengan mudah ke negara kita. Seberat apapun tantangan yang di hadapi dan keterbatasan yang ada, tidak boleh menyurutkan semangat perjuangan dan patriotisme, bukan sekedar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri sebagai wujud kemandirian bangsa. Sebagai nilai dasar kesejahteraan sosial, Kesetiakawanan Sosial harus terus direvitalisasi sesuai dengan kondisi aktual bangsa dan diimplentasikan dalam wujud nyata dalam kehidupan kita.

Pada tahun 1912, Ahmad Dahlan pun mendirikan organisasi Muhammadiyah untuk melaksanakan cita-cita pembaruan Islam di bumi Nusantara. Ahmad Dahlan ingin mengadakan suatu pembaruan dalam cara berpikir dan beramal menurut tuntunan agama Islam. Sungguh berat pengorbanan dan derita batin yang harus dipikul oleh Nyi Ageng Serang.